Virus Komputer Paling Berbahaya

            Pada postingan kali ini gue bakal ngebahas tentang virus paling berbahaya dan mematikan system komputer anda. mau tau? cekibrrottt!!
         Virus komputer pada awalnya tercipta dari dua hacker remaja yang iseng dan bersaing, mereka kemudian membuat malware yang dirancang untuk merusak dan mengacaukan data-data dari temannya. Sekarang dunia telah berubah, para hacker telah menjadikan virus sebagai pekerjaan profesional. Bahkan, ada para hacker yang berambisi untuk menguasai dan merusak tatanan kehidupan dunia. Virus bisa saja menjadi sesuatu yang kedengarannya menakutkan dan menjadi mimpi buruk bagi para pengguna komputer. Seperti kita ketahui virus komputer dapat menyerang dan merusak komputer dan menyebabkan sistem menjadi down, performa menjadi sangat lambat, membuat data korupt, menciptakan duplikat file, dan parahnya lagi virus bisa saja menghapus seluruh isi hardisk.

Berikut ini saya sajikan daftar nama virus paling berbahaya di dunia.
  1. MELISSA
    Pertama ditemukan pada tanggal 26 Maret 1999, virus Melissa (ditulis oleh David L Smith), yang juga dikenal sebagai Mailissa, Simpsons, Kwyjibo, atau Kwejeebo dapat memblokir sistem e-mail yang terinfeksi dengan virus tersebut.Melissa pertama kali didistribusikan lewat kelompok diskusi Usenet alt.sex. Virus ini berada di dalam sebuah file yang bernama List.DOC, yang berisi password untuk akses 80 situs porno. Ketika seorang pengguna membuka pesan e-mail tersebut, lampiran Word yang terinfeksi dengan virus Melissa akan dikirim ke 50 nama pertama dalam buku alamat pengguna secara otomatis. Smith dipenjara 20 bulan karena ulahnya dan didenda $5000 serta dilarang mengakses komputer tanpa pengawasan.

  2. CODE RED
    Dirilis pada Jumat, 13 Juli 2001, worm ini memanfaatkan kerentanan buffer overflow dalam server Microsoft IIS untuk mereplikasi diri dengan memanfaatkan kerentanan yang sama di server IIS Microsoft lain. Sampai 19 Juli 2001, lebih dari 400.000 komputer telah terinfeksi oleh virus tersebut. Buffer overflow terjadi apabila komputer tidak dapat menangani terlalu banyak informasi yang diterimanya sehingga menyebabkan shutdown. Virus ini cukup sulit untuk dihapus karena mampu menginfeksi kembali sistem yang telah dibersihkan. Virus ini mampu menyebabkan masalah overload dan penolakan akses ke situs di seluruh dunia. Hal yang menarik tentang virus mematikan ini adalah tidak mengharuskan sobat untuk membuka lampiran e-mail atau menjalankan file, tapi Code Red hanya membutuhkan koneksi internet yang sedang aktif dan melakukan defaces pada halaman web yang terbuka dan menampilkan string teks “Hacked by Chinese!” Dalam waktu kurang dari seminggu “Code Red” berhasil menjadikan lebih dari 400.000 server mengalami down atau menjadi sangat lambat termasuk juga server Gedung Putih. Diperkirakan bahwa kerusakan total adalah sekitar $ 2,6 miliar dolar dan mengakibatkan sebanyak satu juta komputer terkena virus.

  3. ILOVEYOU
    Virus Love Bug ini masih dianggap sebagai salah satu virus yang paling merusak. ILOVEU mampu menginfeksi lebih dari 50 juta komputer hanya dalam sembilan hari dan menyebabkan beberapa situs militer mematikan jaringan mereka sampai virus tersebut dapat dibersihkan. Virus ini mengakses nama kontak dari daftar Outlook sobat. Jika sobat melihat pesan e-mail “I LOVE YOU” dan membukanya, ia akan mereplikasi diri dan mengirimkan pesan lagi ke kontak sobat. Penerima yang tidak tahu apa yang terjadi akan membuka dokumen tersebut yang mengakibatkan sebagian besar file mereka ditimpa. sendiri. Virus Love Letter bisa dianggap sebagai virus komputer pertama yang memakai rekayasa sosial. Asmaranya menyebar melalui email. Subject: ILOVEYOU, lampiran: LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.VBS, pesan: “silakan cek LoveLetter terpasang berasal dari saya“, dan menghapus semua file “jpeg” dan “jpg” disemua direktori dari semua disk. Hasil yang sama sekali tidak sangat romantis. Kerusakan akibat dari kejadian ini diperkirakan menyebabkan kerugian sekitar 5.5$ Juta.

  4. MyDoom
    Virus Mydoom, juga dikenal sebagai W32.MyDoom@mm, Novarg, Mimail.R dan Shimgapi, adalah worm yang memengaruhi kinerja Microsoft Windows. Ia pertama kali muncul pada 26 Januari 2004 dan menjadi virus yang paling cepat menyebarkan diri ( melebihi kecepatan yang ditetapkan oleh virus Sobig dan ILOVEYOU ). Pada tanggal 29 Januari 2004, Microsoft menawarkan hadiah 250,000 dollar AS untuk informasi yang mengarah pada penangkapan pencipta Mydoom dan sampai 1 Februari 2004, diperkirakan satu juta komputer di seluruh dunia telah terinfeksi virus Myoom. MyDoom cukup efektif untuk menyebar diri karena penerima akan menerima e-mail peringatan tentang kegagalan dalam mengirim satu e-mail dan penerima tanpa sadar akan membukanya sehingga memicu virus tersebut. MyDoom mengakibatkan beban yang signifikan terhadap mesin pencari seperti Yahoo dan Google dan ia juga memblokir akses ke situs Microsoft dan situs antivirus yang populer. Kerusakan yang di sebabkan My Doom dengan menyebarkan worm secara massal melalui email tersebut diperkirakan mengalami kerugian sekitar 38$ juta.

  5. Storm Worm
    Awalnya didistribusikan dalam pesan e-mail yang berisi subyek “230 mati akibat badai Eropa”, virus Storm merupakan kuda Trojan jahat yang muncul pada Januari 2007. E-mail yang terinfeksi worm tersebut mengandung file executable. Setelah dibuka, malware tersebut secara otomatis akan terinstal, dan komputer yang terinfeksi akan menjadi bagian dari botnet (jaringan PC yang dapat dikontrol dari jarak jauh). Pada bulan Januari 2007, diperkirakan bahwa dari semua infeksi malware global, 8% ini disebabkan oleh worm. Storm Worm diperkirakan berhasil mengifeksi hampir 10 juta komputer.
Sekian postingan gue kali ini, semoga bermanfaat bagi agan dan sista sekalian :)