Daily Life Pelajar Absurd

TERBARU

Sinopsis Film Negeri Van Oranje



Film Negeri Van Oranje merupakan film yang diadaptasi dari Novel best seller karya Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, dan Rizki Pandu Permana. Film ini mengisahkan tentang kisah persahabatan 5 mahasiswa yang menimba ilmu di Negeri Oranye, Belanda.

Film produksi Falcon Pictures ini akan dibintangi oleh 5 artis papan atas Indonesia. Film Negeri Van Oranje ini melakukan syuting di sejumlah kota di Belanda, termasuk keindahan Kota Praha. Film yang disutradarai oleh Endri Pelita Dharma Kesuma ini pun menghabiskan dana tak kurang dari Rp. 10 miliar untuk menampilkan tontonan yang berkelas. Berikut sinopsisnya :

Negeri Van Oranje” bercerita tentang 5 muda-mudi asal Indonesia yang telah kuliah di Belanda. Banjar (Arifin Putra), Wicak (Abimana Arsatya), Daus (Ge Pamungkas), Geri (Chico Jericho), dan Lintang (Tatjana Saphira) adalah mahasiswa asal Indonesia yang sedang menyelesaikan studinya di Belanda. Kelima pemuda trsebut secara kebetulan bertemu dan menjadi sahabat.
Semenjak menjadi sahabat dan sering bertemu, kelimanya mulai saling curhat masalah pribadi masing-masing baik cerita senang mampun sedih. Masalah mulai timbul saat keempat sahabat itu  mulai memperebutkan Lintang, cewek satu-satunya diantara mereka.
Diasaat yang sama, hubungan Lintang dengan pacar Belanda-nya terancam bubar karena karena dia juga menyukai salah satu temannya. Persahabatan mereka berubah menjadi rumit dan hubungan mereka diuji.

Detail Fim Negeri Van Oranje :

Sutradara         : Endri Pelita Dharma Kesuma
Produser          : Frederica
Penulis Naskah: Titien Wattimena
Pemain/Cast    :
·         Arifin Putra : Banjar
·         Tatjana Saphira : Lintang
·         Chico Jericho : Geri
·         Abimana Arsatya : Wicak
·         Arne Luiting : Jeroen
·         Herman Winterberg
·         Robin Hagens : Greg
·         Agung Udijana : Tyas
·         Ge Pamungkas : Daus
·         Raoul Wijsma : Rendi
Genre              : Adventure, Drama, Action
Country           : Indonesia
Studio             : Falcon Pictures

Berikut ini sinopsis Novel Negeri Van Oranje yang merupakan adaptasi dari film dengan judul yang sama tersebut.



Judul: Negeri Van Oranje
Pengarang: Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, Rizki Pandu Permana

Tebal: viii + 478 hlm; 20,5 cm

Cetakan: 1, April 2009
Penerbit: Bentang Pustaka

Mereka adalah mahasiswa-mahasiswa S2 asal Indonesia di Belanda. Mereka tidak bertemu di ruang kelas, karena mereka belajar di universitas berbeda di kota yang berbeda. Mereka bertemu di stasiun kereta api Amersfort ketika terjadi badai, membutuhkan rokok dan teman bercakap dalam bahasa ibu.  Mereka adalah Banjar, Wicak, Daus, Geri, dan Lintang.

Banjar, pria Banjarmasin lulusan institut teknik ternama di Bandung, manajer pemasaran di salah satu industri rokok paling kondang di Indonesia, mengejar gelar MBA di Rotterdam. Wicak, anak Banten lulusan Fakultas Kehutanan IPB, pekerja sebuah LSM internasional berpusat di Belanda, memutuskan menjadi mahasiswa research master di Wageningen, gara-gara dikejar mafia kayu. Daus, putra Betawi asli lulusan Fakultas Hukum UI (dan bekerja di Departemen Agama), mendapat beasiswa S2 STUNED, memilih program Human Rights Law di Utrecht. Geri, lelaki Bandung yang telah menetap di Belanda sejak bachelor (S1) dan mengambil master di Den Haag. Dan satu-satunya cewek, Lintang, penari tradisional nan cantik, sarjana sastra dari sebuah universitas negeri di Depok, mengambil program master di bidang European Studies, Leiden.

Pertemuan di stasiun kereta api itu menumbuhkan persahabatan di antara mereka. Pembentukan milis  yang diberi nama Aagaban(Aliansi Amersfort Gara-gara Badai di Netherlands) diikuti dengan saling silahturahmi kian mengukuhkan persahabatan mereka. Kebersamaan yang tercipta ternyata tidak hanya mempererat hubungan mereka, tetapi juga memicu kompetisi diam-diam yang lambat laun menjadi terang-terangan. Sebuah kompetisi untuk memenangkan cinta Lintang. Sementara Lintang sendiri, asyik menjalankan misi yang dibawanya dari tanah air, mendapatkan suami WNA yang tinggal di luar negeri.   

Apakah persahabatan di antara mereka akan tetap terjalin ketika cinta –dan sudah pasti cemburu, menyusup di antara mereka? Apakah Lintang akan menguburkan obsesinya terhadap pria WNA untuk satu dari sahabat lelakinya?  Pertanyaan-pertanyaan ini akan terjawab tuntas pada bagian-bagian akhir novel yang diberi judul Negeri Van Oranje

Negeri Van Oranje merupakan novel kolaborasi empat pengarang yang telah mengenyam kehidupan sebagai mahasiswa S2 di Belanda. Keempat pengarang itu, Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, dan Rizki Pandu Permana, kabarnya tidak sengaja bertemu dan menjalin pertemanan di negara di mana ganja dibolehkan, eutanasia dilegalkan, dan perkawinan sesama gender diizinkan itu. Pertemanan di antara ' satu mawar tiga duri ' tersebut akhirnya melahirkan gagasan untuk mendokumentasikan pengalaman di perantauan.

Novel menjadi bentuk penyaluran yang mereka pilih. Dan sebagai novel, mereka menciptakan karakter yang beranjak dari pribadi mereka yang diadon dengan karakter yang benar-benar fiktif. Oleh karena itu, mereka tidak diberi nama Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, dan Rizki Pandu Permana.

Jangan lupa jejaknya ^^

-------



No comments:

Post a Comment

Makasih udah buang-buang waktu baca tulisan absurd di blog ini. Jangan lupa tinggalkan jejak ya:)