Mensiversary vs Anniversary


Gara-gara rutinitas mingguan yang jadwalnya padat banget, gue jadi jarang update blog ini. Pembaca gue juga nurun drastis. Padahal wish gue di Januari ini semoga tetep konsisten update dan nulis konten di blog, tapi yaah you know lah..
Kalian semua pasti pernah melihat atau pernah membaca tweet atau status temen sosmed kalian yang isinya kek gini>

“happy anniversary 2 month sayang”
“happy anniversary 9rd months sayang, semoga langgeng teruss”

Dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kata anniversary dan diikuti kata ‘month.
Beberapa tahun belakangan istilah-istilah menggunakan Bahasa Inggris emang lagi naik daun di kalangan remaja Indonesia, khusunya buat yang gila tren dan yang cuma sekedar ikut-ikutan. Mungkin Bahasa Inggris menurut beberapa orang dianggap keren karena penggunannya yang bersifat Internasional. Tetapi terkadang dalam Bahasa Inggris terdapat kata-kata atau kalimat yang menjadi kesalahan yang ngga kita sadari.

Gue pernah baca tweet temen kelas gue, isinya kek gini “happy anniversary ke-20 sayang, keep romantic”

Geli? Sama gue juga. Setelah baca tweet itu, gue heran. Ada pertanyaan yang muter-muter di otak gue. Kok bisa ya temen gue ngerayain anniversary yang ke 20? Umurnya kan baru 17 tahun, apa iya dia udah pacaran sebelum brojol ke dunia? Entahlah -,- tapi setahu gue, dia jadiannya kan tahun lalu :3

Hari-hari berikutnya gue mulai sering menemukan kasus seperti ini. Banyak dari temen yang ngucapin happy anniversary setiap bulan ke pasangannya. Untungnya gue jomblo ya, bukannya sirik :P

Letak kesalahannya dimana?

Gue sebagai jomblo merasa gerah dengan hal ini. Gue ngerasa ada hal yang salah dari sistem perpacaran di Indonesia. Kenapa? Yang bener aja, masa iya anniversary dirayain tiap bulan. Belajar Bahasa Inggris dulu yang bener dek -,- ngucapin happy anniversary tiap bulan itu SALAH. Letak kesalahannya adalah karena menggunakan kata ‘anniversary’ untuk suatu kejadian yang beru berlangsung bulanan.

Sebenernya banyak dari teman-teman kita yang ngucapin itu tiap bulan. Tapi taukah kalian? Kata anniversary pada dasarnya adalah kejadian yang terjadi tahunan. Seperi dari kata dasar alias secara etimologis yaitu ‘anmum’ yang berarti tahun dan ‘versary’ yang berarti berulang-ulang. Jadi sekarang tau kan letak salahnya dimana? Apa, belum tau? Mungkin kamu harus baca ulang konten ini. Beneran deh.

Kalo anniversary dirayain tiap bulan itu SALAH, yang bener apa dong?

‘Terus gimana kalau mau negrayain tanggal jadian tiap bulan, gimana ngucapinnya?’

Ya udah, ngga usah ngucapin.. putus aja ama si doi. #jomblosirik
Becanda, gengs :D  Balik lagi ke bahasa latin, kalau ‘anmum’ itu artinya tahun, maka untuk bulan kita manggunakan kata ‘mensis’. MENSIVERSARY adalah kejadian yang terjadi bulanan. Jadi, untuk sesuatu yang dirayain bulanan misalnya tanggal jadian sama pacar bisa menggunakan istilah ‘MENSIVERSARY’, bukan ‘ANNIVERSARY’. (buat cewe) Kalian juga udah paham kan kenapa datang bulan disebut menstruasi? Nahh ituu..!!

By the way, sampai sekarang gue masih ngga ngerti sama orang yang suka ngucapin Happy Anniversary, padahal umur pacarannya baru sebulan :3 

Sejak tadi malem (31 Januari 2016 21.00 pm) gue mikirin hal ini terus, gue masih ngga habis pikir aja, kok masih ada aja orang yang salah dalam ngartiin kata yang jelas-jelas penggunannya salah tempat. Yang terpenting, kalian udah pada paham semua kan? Segitu aja sih postingan kali ini. Sampai bertemu di post selanjutnya. Jangan lupa komentarnya^^

___________________