Happy Long Holiday



Berhubung ujian semester udah kelar, pasti udah banyak nih pelajar-pelajar Indonesia yang siap liburan. Termasuk gue. Kangen banget akhir tahun pengen ngumpul sama keluarga di Pantai Losari (buat orang Makassar pasti ngk asing sama tempat ini, ikonik banget).

Buat yang kelas akhir (6, 9, 12) sekolah dasar dan menengah, katanya ada isu moratorium UN. Reaksi awal gue saat itu agak seneng. Kenapa? Biar ngk terlalu banyak belajar, kan capek juga sama buku terus. Tapi kalo menurut gue, ketika UN dimoratorium, kita nggak bisa ngukur kemampuan capaian kompetensi kita 3 tahun terakhir (6 tahun buat SD) khusus yang lulusan 2016/2017.

Tapi menteri pendidikannya cerdas, UN yang 6 mapel dimoratorium, tapi diganti sama UASBN all mata pelajaran. Ini mah bukan dihapuskan om, Cuma ganti nama doang, bedanya yang ujian double (mapel jurusan) dijadiin 1 doang. Malah makin nyiksa menurut gue. Kalo dipikir-pikir, iya lebih baik memetakan capaian kompetensi lewat ujian ujian akhir, tapi jangan all mapel juga dong om. Ya kali semua materi bisa diinget dalam sebulan. *ini teriakan pelajar malas*

Kekurangan UN, jelas banget udah jadi rahasia umum kalo tiap tahun ada aja soal UN yang bocor. Provesi tahunan seperti penjual kunci jawaban udah banyak banget. Merugikan. Kita yang mati-matian belajar, ampe rela-rela ikut les bayar mahal, belajar ampe begadang sampe beli buku setebel beton demi dapet nilai maksimal UN, eh di luar sana seenak jidat bisnis kunci jawaban.

Tiap baca berita kebocoran soal, gue nelen ludah. Dalem hati, nih orang kalo mati gimana ya, hidup kok nyusahin banyak orang, yang anak cerdas harus rela saingan nilai sama yang ga ceg/rdas-cerdas banget hanya karena yang ngk cerdas-cerdas banget itu pake kunci jawaban. Gimana negara bisa maju kek Jepang, generasi mudanya aja nggak PD sama kemampuan sendiri. Buat mereka, yang penting lu punya duit, semua aman. Miris banget.

Gue bukan pelajar munafik, gue pas ujian juga pernah nyontek. Tapi kalo nyontek di ulangan harian gue paling anti, haram hukumnya buat gue. Kecuali kalo ujian semester, misalkan ada rumus yang nggak gue inget, biasanya ditulis di tangan. Jujur itu relatif, nyontek itu alternatif.

Berhubung sekarang lagi akhir tahun, gue kepikiran pengen ngelanjutin cerita pendek yang sempat gue gantung tahun lalu. Cerita yang ini Kacamata Hati

Gue masih mencoba mengingat-ingat alur ceritanya kek gimana. Maklum, udah setahun lebih gue nggak ngelanjutin ceritanya. Daripada waktu luang ini gue habiskan untuk bereinkarnasi jadi kodok, mending nulis aja deh. Itung-itung ngeluarin beban otak.

Okeh, karena postingan ini makin kesini makin ngawur, diawal posting gue bahas UN, ditengah gue bahas masalah nyontek dan diakhir gue bahas masalah cerpen yang belum kelar, tiba saatnya gue udahan ngetik cerita. Daripada tambah bikin kalian pusing, gue pamit dulu.

Happy long weekend wohoo............ happy long holiday...... 
Nih, bonus pic :D


Seperti biasa, See u next post^


---------------------------------