Daily Life Pelajar Absurd

TERBARU

Perkuliahan dan Prospek Kerja Berbagai Jurusan


Hidup terus berjalan dan ngga keras gue udah hampir jadi mahasiswa sepenuhnnya. Karena masih semangat-semangatnya jadi mahasiswa baru, gue berniat memberikan informasi penting yang sedikit bermanfaat buat fresh graduate yang masih abu-abu dengan propek kerja jurusannya nanti.

Prospek kerja jurusan-jurusan di bawah hanya sebagian kecil dari apa yang sering dan biasanya ditemukan di universitas.

Tapi sebelum itu, kita harus tau dulu, apa sih kuliah itu?

Kuliah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti "pelajaran yang diberikan" atau "ceramah". Namun istilah "kuliah" sering dipahami sebagai kegiatan belajar-mengajar di jenjang pendidikan tinggi.

Biar ngga lama-lama, langsung aja deh kita bahas prospek kerja berbagai jurusan yang umumnya ada di berbagai universitas di Indonesia.

FAKULTAS MIPA
  • Matematika, Lulusan Prospek kerja dari sarjana Matematika dibutuhkan sebagai peneliti di LIPI, BATAN, LAPAN, PT. DI, BPPT, dsb. Selain itu, sarjana Matematika juga bisa menjadi aktuaria di perusahaan asuransi seperti ASURANSI BUMIPUTRA, JIWASRAYA, PRUdential, AXA Mandiri, Alianz, dsb.
  • Ilmu Komputer. Lulusan Sarjana Ilmu Komputer sering dibutuhkan hampir di semua perusahaan karena pada saat ini perusahaan tidak terlepas dari peranan komputer.
  • Sistem Informasi. Lulusan sarjana Sistem Informasi diterima diberbagai perusahaan seluler, Stasiun Televisi, Departemen Perhubungan, Departemen Tenaga Kerja dan kantor-kantor lain yang banyak menggunakan database sebagai acuan.
  • Statistika, Prospek kerja dari sarjana Statistika juga gak terlalu jauh dari sarjana Matematika. Yaitu, bisa menjadi peneliti di Biro Pusat Statistik (BPS), LIPI, BPPT, dsb. Selain itu, bisa menjadi pengolah data di berbagai instansi atau perusahaan. Sarjana Statistika juga bisa menjadi analis atau programmer komputer di perusahaan, dan dapat juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
  • Fisika, sarjana Fisika bisa menjadi peneliti di LIPI, BATAN, LAPAN, PT. DI, BPPT, LEN, dsb. Selain itu, bisa menjadi analis atau programmer komputer di perusahaan asing atau swasta, dan dapat menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
  • Geofisika, Prospek kerja dari sarjana Geofisika bisa menjadi peneliti di Direktorat Vulkanologi, ELNUSA, Caltex, dsb. Selain itu, bisa juga sebagai surveyer di perusahaan minyak bumi seperti Mobil Oil, Union Oil, dsb. Dan, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
  • Elektronika dan Instrumentasi, menjadi peneliti di LIPI, LAPAN, BPPT, PT. DI, PT. TELKOM, INDOSAT, ELNUSA, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi perancangProspek kerja dari sarjana ini juga menjadi perancang software atau hardware komputer di IBM, ASTRA, dsb. Dan, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
  • Kimia, Prospek kerja dari sarjana kimia bisa menjadi peneliti di LIPI, BATAN, BPPT, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi Quality Control (QC) di industri Kimia, plastik, makanan, pertanian, perminyakan, dsb.
  • Biologi, Prospek kerja sarjana Biologi bisa menjadi peneliti di LIPI, Lembaga Biologi Nasional (LBN), Biologi Tropis (Biotrop), Departemen Kesehatan, Pertamina, dsb. Selain itu, bisa menjadi analis di Industri Pertanian, Farmasi, Peternakan, Kehutanan, dsb. Dan, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
  • Astronomi, Prospek kerja sarjana Astronomi bisa menjadi peneliti di LAPAN, Angkatan Laut, Angkatan Udara, BPPT, Planetarium, Observatorium, Bosscha ITB, Kementerian Perhubungan, dsb. Selain itu, juga bisa menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
  • Geografi, Prospek kerja sarjana Geografi bisa menjadi peneliti di LIPI, LAPAN, Dinas Pekerjaan Umum, Pemerintah Daerah, Dinas Pendapatan Daerah, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, dsb. Selain itu, bisa menjadi surveyer di berbagai Biro Konsultan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, Agraria, Kependudukan, dsb. Dan, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.

FAKULTAS TEKNIK
  • Teknik Sipil, Lulusan program studi ini mudah terserap di dunia kerja. Pada Bidang Pembangunan Infrastruktur. Seorang lulusan Teknik Sipil dapat berprofesi sebagai konsultan atau sebagai kontraktor yang bertanggung jawab melaksanakan pembangunan. Dibidang Pemerintahan Peluang lainnya adalah bekerja sebagai pegawai dalam bidang pengaturan dan kebijakan di instansi pemerintahan, seperti di Departemen dan Dinas PU, PMU-Bina Marga, Departemen ESDM, Dinas Tata Kota & Pertamanan di Tiap Propinsi, Bapenas, Bapeda dll. Bidang Industri Energi, Pertambangan dan Pengolahan, Lulusan Teknik Sipil dapat bekerja sebagai staf/manager pemasaran, Manager dan CEO (Chief Executive Officer), Quality Auditor dan Quality Assurance Manager, untuk perusahaan properti dan pabrik bahan konstruksi di berbagai perusahaan di lingkungan industri migas, pertambangan, dan pengolahan seperti Pertamina, Schlumberger, PLN, Freeport, INCO, Pupuk Kaltim dll. Bidang Pendidikan, Seorang lulusan Teknik Sipil dapat menjadi pengajar/peneliti di perguruan tinggi/lembaga pendidikan atau di pusat-pusat penelitian, Bidang lainnya. Lulusan Teknik Sipil juga mempunyai kemampuan yang cukup bersaing untuk bekerja di berbagai bidang non-keteknikan, seperti perbankan dan asuransi, notaris, atau berkarier dll
  • Teknik Lingkungan, Lulusan teknik lingkungan dapat bekerja di berbagai bidang seperti Instansi pemerintah (tim ahli lingkungan hidup di departemen teknis maupun non teknis seperti PU, ESDM, Depdagri, Kimpraswil, PDAM, BAPEDALDA, Departeman Kelautan dan Perikanan, Pertamina, Kementerian Lingkungan Hidup, Dept. Kesehatan, Dept. Pertanian, Dept. Perindustrian & Perdagangan, Dept. Kehutanan), LSM/NGO Lingkungan Hidup (WWF, WHO, WALHI, Greenpeace, dll), Industri (Pada bagian Safety Health & Environment (SHE) dalam sebuah industri, lulusan Teknik Lingkungan dibutuhkan terutama sebagai environmental engineer/manager, misalnya pada industri migas & pertambangan (Schlumberger, Total, Chevron, KPC), industri makanan dan minuman (Indofood, Ultrajaya), industri lainnya). Terakhir sebagai konsultan AMDAL, konsultan perancangan bangunan pengolah air minm dan air limbah.
  • Teknik Arsitektur, Lapangan kerja lulusan sangat luas, antara lain industri real estate, konsultan, instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kementrian Perumahan Rakyat), peneliti di berbagai lembaga penelitian, dan dosen
  • Teknik Perminyakan, Lulusan dengan prospek gaji tertinggi. Prospek pada bidang perminyakan (Pertamina, Petronas, Conoco Philips, VICO Indonesia, Exxon mobil, Chevron Pasific Indonesia, Total Indonesia, Sclumberger, Medco Energy, dll. Bidang pemerintahan seperti kementrian pertambangan, energy dan sumber daya mineral, BP Migas, LIPI, BPPT, dll.
  • Teknik Pertambangan, Prospek dibidang pemerintahan (Departemen Pertambangan dan energy, Departemen dalam Negeri, Perindustrian), Prospek pada perusahaan swasta Persero batubara, PT. Aneka Tambang, mobil Oil, Union Oil Indonesia, Freeport, Newmont, PT. VALE, Semen Tonasa, PT Bosowa Mining, PT Berau Coal, PT. Tambang Aspal Buton, KODECO, BUMN seperti PLN, Pertamina, Perum Gas Negara, PT Timah serta bias juga berwiraswasta dalam perusahaan pengeboran air tanah, Minyak bumi, dan Gas.
  • Teknik Metalurgi, Prospeknya juga pada industry pertambangan, selain itu lapangan kerjanya juga terbuka banyak pada industry ekstraksi dan peleburan logam mengingat diberlakukannya UU Minerba yang mewajibkan perusahaan tambang untuk membangun smelter. Prospek lainnya yaitu industry baja/ non baja, industry manufaktur seperti PT. KHI, PT. Bakrie pipe industry, industry pengecoran logam, industry otomotif, pesawat terbang, KA, perkapalan, industry pembuatan mesin dan komponen, serta industry perminyakan dan gas (migas).
  • Teknik Penerbangan, lulusan Teknik Penerbangan dapat bekerja di beberapa bidang antara lain adalah seperti dibidang kedirgantaraan terutama pada industri manufaktur (PT Dirgantara Indonesia, PT. Garuda Indonesia, PT. PINDAD, dll), industri komponen kedirgantaraan (LEN, PT. INTI) dan berbagai industri jasa seperti jasa perawatan (INDO-PELITA, MMF, Koharmat-AU), jasa angkutan udara (airlines, air charter, dll.), maupun jasa telekomunikasi satelit (Satelindo, PSN, Telkom, dll). dibidang teknik lain seperti industri otomotif, pertambangan dan perminyakan (PT. Schlumberger Indonesia, PT. Pertamina, PT. Caltex Pasific Indonesia). Dan diBidang Pemerintahan, Akademis, serta di Lembaga Penelitian. Selain bekerja di bidang kedirgantaraan, lulusan Teknik Penerbangan juga dapat bekerja dalam instansi pemerintahan (Departemen Perhubungan), sebagai dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta (ITB, AAU, Sekbang-AU, dll.), maupun bekerja di lembaga penelitian seperti Puspiptek/BPPT, Dislitbang AU, LAPAN.
  • Teknik Elektro, Lulusan dari program studi ini sangat dibutukan oleh instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kominfo), industri, terutama di PLN, industri kelistrikan, industri komputer dan informatika, telekomunikasi, elektronika, dan industri-industri yang menggunakan sistem instrumentasi kendali.
  • Teknik Informatika, Prospek / Lapangan kerja bagi lulusan Teknik Informatika, Berbagai perusahaan yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi sangat membutuhkan jurusan ini, seperti PT Telkom, Indosat dan dapat bekerja mandiri sebagai programming, perancang web dll.
  • Teknik Geodesi, Alumni program studi ini sangat banyak bekerja di instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Pertambangan, BPN, Bakosurtanal), dan lembaga lain seperti Pertamina, Perhutani, Perkebunan,perusahaan pertambangan mineral, konsultan survey dan pemetaan.
  • Teknik Geologi, Lulusan Teknik geologi banyak bekerja pada instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral), perusahaan-perusahaan pertambangan swasta, seperti: pengolahan mineral, emas, logam, batu bara, minyak, dan gas bumi dalam negeri maupun asing.
  • Teknik Kimia, Peluang kerja lulusan sangat besar pada instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Depkes), industri pupuk, industri petrokimia, industri pengolahan tambang, industri minyak dan gas bumi, industri bahan makanan, peneliti, dan konsultan industri rekayasa.
  • Teknik Mesin, Peluang kerja lulusan sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Dephub), industri mesin, industri kimia, jasa konstruksi mesin, konsultan teknik, peneliti, dan tenaga pengajar di perguruan tinggi.
  • Teknik Industri, Lulusan bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri multinasional bidang kimia, mesin, elektronika, minyak dan gas bumi, serta di sektor konsultan proses industri.
  • Teknik Perkapalan, Lulusan bekerja di perusahaan-perusahaan swasta semisal Pertamina atau Petronas. Perusahaan-perusahaan minyak bumi akan sangat butuh jasa agan untuk membangun oil rig di lepas pantai. Selain itu bisa juga kerja di galangan kapal dan sebagai tukang desain kapal di PT. PAL.Karena peminatnya belum banyak maka otomatis peluang kerja lebih besar karena minim pesaing.
  • Fisika Teknik, Peluang kerjanya sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Depkes, Batan, Bapeten, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri kimia, industri kertas, rumah sakit, industri kimia, industri minyak dan gas bumi, industri energi baru, informatika, pembangkit listrik, serta lembaga riset.
  • Perencanaan Wilayah Kota, Lulusan program studi ini memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai perencana wilayah di instansi pemerintah (Departemen PU, Bappenas, Bappedal, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat), instansi swasta, sebagai konsultan, peneliti, dan pengajar di perguruan tinggi.

FAKULTAS KEDOKTERAN
  • Pendidikan Dokter, Lulusan ini bekerja di pemerintahan (Departemen Kesehatan, TNI, Kepolisian), sebagai dosen, peneliti di lembaga penelitian pemerintah dan swasta, maupun bekerja secara mandiri sebagai klinis.
  • Keperawatan, Lulusan ini bekerja di rumah sakit pemerintah, swasta dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, termasuk sebagai tenaga perawat di luar negeri (Uni Eropa, Asia Tenggara, dan Timur Tengah).
  • Fisioterapi, Fisioterapi mempunyai ruang lingkup pekerjaan yang luas, mulai dari preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Tidak ada batasan usia dan jenis kelamin yang dapat ditangani oleh Fisioterapi. Menjadi seorang Fisioterapis bukan hanya sebagai Pegawai Negeri di Unit Rehabilitasi Medik Rumah Sakit saja tapi masih banyak. Fisioterapis juga bisa menjadi seorang fitness instruktur yang handal, Fisioterapis bisa menjadi dosen atau tenaga pengajar, Fisioterapis bisa bekerja di spa atau wellness center, Fisioterapis menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah tim olahraga, klinik tumbuh kembang, sekolah kebutuhan khusus dan Fisioterapi juga dapat melakukan praktek mandiri.
  • Psikologi, Lulusan ini bekerja di staff HRD/personalia di kantor, jadi konselor/ penasehat/konsultan manajemen di rumah sakit di perusahaan, sekolah, atau lembaga lainnya.

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
  • Ilmu Gizi, Lulusan ini dibutuhkan dalam upaya perbaikan gizi, baik di instansi pemerintah maupun swasta seperti rumah sakit, puskesmas, industri-industri makanan. Selain itu dapat bekerja sebagai pengajar,konsultan gizi, maupun bekerja di lembaga-lembaga lain yang bergerak dalam bidang penanggulangan masalah pangan dan perbaikan gizi.
  • Kesehatan Masyarakat, Prospek kerja dari sarjana Kesehatan Masyarakat bisa bekerja sebagai pekerja/ahli kesehatan di rumah sakit, di Kementerian Kesehatan, atau bisa juga menjadi dosen atau peneliti.

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI
  • Kedokteran Gigi, Lulusan ini bekerja di pemerintahan (Departemen Kesehatan,TNI, dan Kepolisian), sebagai dosen, peneliti di lembaga penelitian pemerintah dan swasta, maupun bekerja secara mandiri sebagai klinisi gigi.
  • Kedokteran Hewan, Lulusan ini bekerja di instansi pemerintah (Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Departemen Kelautan dan Perikanan,Depkes, Depdiknas), TNI dan Kepolisian, industri BUMN/swasta, peneliti di lembaga-lembaga penelitian, dan praktek dokter hewan.

FAKULTAS FARMASI
Farmasi, Lulusan program studi ini berprofesi sebagai farmasis (ahli farmasi) di industriindustri farmasi, rumah sakit, atau menjadi apoteker.Peluang kerja sangat luas di dalam dan luar negeri.

FAKULTAS PERTANIAN
  • Agronomi, Lulusan program studi ini selain bekerja di Departemen Pertanian,Departemen Pendidikan Nasional, Lembaga Penelitian, BUMN, perusahaan swasta, dan sebagai wirausaha bidang produksi tanaman.
  • Pemuliaan Tanaman, Lulusan program studi ini selain bekerja di Departemen Pertanian,Departemen Pendidikan Nasional, Lembaga Penelitian, BUMN, perusahaan swasta, dan sebagai wirausaha produksi benih.
  • Agribisnis, Lulusan program studi ini dapat bekerja di Bank Indonesia, Departemen Keuangan (Bea Cukai, Pajak dan Anggaran), Bappenas, Perbankan (Bank pemerintah dan swasta), BUMN, Bulog, Departemen Perdagangan,Departemen Kehutanan, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Koperasi dan UKM, Badan Pusat Statistik (BPS), Departemen Tenaga Kerjadan Transmigrasi, Lembaga Penelitian, Bappeda, Konsultan, dan wirausaha di bidang agribisnis.
  • Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Lulusan program studi ini dapat pada bidang yang berhubungan dengan komunikasi dan penyebaran informasi pertanian, misalnya: Departemen Pertanian, Depsos, Depnakertrans, Departemen Kehutanan, Depdiknas, media massa, Bulog, Perbankan baik BUMN maupun swasta, serta konsultan.
  • Mikrobiologi Pertanian, Lulusan program studi ini dapat bekerja di industri swasta/BUMN di bidang perkebunan, perikanan, pertambangan, pakan, pangan, obat tradisional, dan bahan kimia, maupun lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, Kementrian Lingkungan Hidup, BPPOM, Bappeda, dan Bapedalda), serta lembaga-lembaga penelitian.
  • Ilmu Tanah, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan, Lingkungan Hidup, Bappeda, Bakosurtanal, Balai Penelitian dan Pemda), Perusahaan BUMN dan swasta pertanian, perkebunan dan kehutanan.
  • Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, LIPI, Bappeda, Badan Karantina Nasional), perusahaan-perusahaan BUMN dan perusahaan swasta nasional maupun internasional.
  • Budidaya Perikanan, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas, Badan Karantina Nasional), Pemerintah Daerah, Perbankan, perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan.
  • Managemen Sumberdaya Perikanan, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Kehutanan, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas/Bappeda), perbankan, NGO, dalam dan luar negeri, perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan dan kelautan.
  • Teknologi Hasil Perikanan, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas, Pemerintah Daerah), perbankan, wirausahawan, dan perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan.

FAKULTAS PETERNAKAN

Peternakan, Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, Bappeda, Deperindag, Depkop dan PPKM), dan di perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang peternakan.

FAKULTAS KEHUTANAN
  • Managemen Hutan, Lulusan program studi ini selain bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, dan Depdiknas), juga dapat bekerja pada instansi/perusahaan baik BUMN maupun swasta, biro konsultan, perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan wirausaha perkayuan.
  • Budidaya Hutan, Lulusan program studi ini selain bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, dan Depdiknas), juga dapat bekerja pada instansi/perusahaan baik BUMN maupun swasta, biro konsultan, perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan wirausaha perkayuan.
  • Teknologi Hasil Hutan, Lulusan program studi ini selain dapat berkarir di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Keuangan, Departemen Pendidikan Nasional, Pemda, Depkop, dan PPKM), juga dapat mengembangkan karir di industri kehutanan dan perkayuan.
  • Konservasi Sumber Daya Hutan, Lulusan program ini bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan KementrianLingkungan Hidup), lembaga penelitian, perusahaan multinasional dan nasional, LSM (WWF Indonesia, Conservation International, Wildlife Conservation Society).

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  • Ilmu Ekonomi, Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, dan Bursa Efek), perusahaan swasta nasional dan internasional.
  • Akuntansi, Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, dan Bursa Efek), konsultan, serta perusahaan swasta nasional dan internasional.
  • Managemen, Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, Bursa Efek), konsultan, perusahaan swasta nasional dan internasional.

FAKULTAS FILSAFAT
Ilmu Filsafat, dengan banyaknya aktivitas berpikir, membaca, berdiskusi dan dan latihan menulis selama kuliah, keluasan wawasan mahasiswa terbangun. Lulusan program studi ini bekerja dalam segala bidang tugas yang bermuatan intelektual, seperti peneliti, jurnalis, aktivis LSM, dan berbagai karir yang menuntut kreatifitas berpikir. 

FAKULTAS GEOGRAFI
  • Geografi dan Ilmu Lingkungan, Lulusan program studi ini bekerja di Bakorsurtanal, Bappeda, Bapedal, BPPT, Ditjen Bangda, BKKBN, LIPI, LAPAN, dan di departemendepartemen (Pertambangan, Transmigrasi, Kehutanan, dan Keuangan).
  • Kartografi dan Penginderaan Jauh, Lulusan program studi ini dapat bekerja di Bappeda, Dinas PU, Kehutanan,Kantor Pertanahan, sektor swasta, dan lembaga-lembaga penelitian.
  • Pembangunan Wilayah, Lulusan program studi ini memiliki peluang besar untuk bekerja di Bappeda, Departemen Kimpraswil, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Departemen Kehutanan, Departemen Dalam Negeri, Direktorat Pembangunan Masyarakat Desa, BPN, BPPT, Bakorsurtanal, LIPI, atau pada dinas-dinas sektoral/teknis di tingkat daerah. Karir di sektor swasta juga terbuka lebar, misalnya perusahaan pemetaan, konsultan pembangunan, dan pengelola kawasan industri.

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
  • Hubungan Internasional, Lulusan program studi ini bekerja menjadi diplomat, jurnalis, analis politik internasional, staf perusahaan swasta, departemen pemerintah, perbankan, dosen, dan peneliti.
  • Ilmu Administrasi Negara, Lulusan program studi ini bekerja di lembaga-lembaga pemerintah maupun non-pemerintah. Diantara lembaga-lembaga pemerintah antara lain adalah Bappenas, Departemen dalam Negeri, Sekretariat Negara, Kementrian Pandayagunaan Aparatur Negara, Kementrian PercepatanDaerah Tertinggal dan Kementrian Koordinator Bidang Ekonomi, termasuk Pemerintah Daerah. Sedangkan lembaga-lembaga nonpemerintah antara lain adalah LSM pemberdayaan masyarakat dan lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi politik.
  • Ilmu Komunikasi, Lulusan program studi ini dapat berprofesi sebagai pakar atau pelaku sektor media massa (cetak dan elektronik), humas di berbagai lembaga pemerintah dan swasta, account executive, media planner, periklanan, dan peneliti.
  • Ilmu Pemerintahan, Lulusan program studi ini bekerja sebagai peneliti, dosen atau bekerja pada lembaga-lembaga pemerintahan (Bappenas, Departemen Sosial dan Departemen Dalam Negeri), media massa, dan praktisi di berbagai lembaga publik dan swasta seperti menjadi politisi di DPR maupun LSM.
  • Sosiastri, Lulusan program studi ini bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah maupun non pemerintah, selain seperti Departemen Pendidikan, Departemen Tenaga Kerja, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal, Departemen Sosial dan Pemerintah Daerah, lulusan juga dapat bekerja di lembaga internasional seperti UNDP, serta pada berbagai LSM yang bergerak pada bidang sosial ekonomi, lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi, dan dosen.
  • Sosiologi, Lulusan program studi ini bekerja di lembaga-lembaga pemerintah, seperti Bappenas, Departemen Dalam Negeri, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal, Departemen Sosial dan Pemerintah daerah. Selain itu, lulusan juga dapat bekerja pada lembaga internasional seperti UNDP, serta pada berbagai LSM pemberdayaan masyarakat, lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi, dosen, dan penulis pada media massa.

FAKULTAS ILMU BUDAYA
  • Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Peluang karir lulusan program ini yaitu ahli informasi (tidak hanya ahli dibidang perpustakaan tetapi lebih tepatnya menjadi seorang yang dapat mengolah dan menyampaikan informasi dengan kemasan yang lebih modern). Jadi nantinya tidak hanya bekerja di perpustakaan menjadi seorang pustakawan, tetapi juga bisa bekerja di instansi-instansi pemerintahan maupun swasta. Karena dalam instansi tersebut pastinya banyak arsip dan dokumentasi yang perlu diolah dan disimpan, nah disini lulusan ilmu perpustakaan dapat menjadi arsiparis, dokumentalis, (document controller di perusahaan minyak, media TV, intel dokumen rahasia negara), indexer, sekretaris, bahkan banyak juga yang jadi programer karena jurusan ini belajar ilmu komputer tentang data base dokumen html, desain web, ngindeks, sampai bikin video. Logikanya, semua perusahaan punya dokumen yang perlu diorganisir dengan baik. itu juga jadi ranah lulusan ilmu perpustakaan.
  • Antropologi, Peluang karir lulusan program ini terbuka lebar di lembaga penelitian, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, media massa cetak maupun elektronik, serta lembaga-lembaga nasional maupun internasional yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat.
  • Arkeologi, Lulusan program studi ini berkarir di bidang-bidang yang terkait dengan arkeologi,kebudayaan, dan pariwisata, maupun lembaga-lembaga publik, seperti media massa, LSM, konsultan lingkungan budaya, dan instansi swasta. Selain itu bisa kerja di museum, pusat perawatan arsip, peneliti di LIPI, bisa juga jadi penulis atau wartawan. Dan kalau tertarik bisa studi lanjut S2 Arkeologi dan jadi dosen.
  • Sejarah, Lulusan program studi ini dapat bekerja di berbagai penelitian dan penulisan di perguruan tinggi, pusat-pusat penelitian pada lembaga pemerintah dan swasta, serta media massa.
  • Sastra Indonesia, Lulusan program studi ini berprofesi menjadi ahli bahasa dan sastra Indonesia, penulis, editor, peneliti, pengajar, staf di instansi pemerintah/swasta dan pekerja dalam bidang media massa.
  • Sastra Nusantara, Lulusan program studi ini terbuka pada bidang-bidang pendidikan, media massa, penelitian di balai/pusat bahasa, atau bekerja di Balai KajianJarahnitra, Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala, Arsip Nasional, perpustakaan, museum, dan penerbit.
  • Sastra Inggris, Lulusan program studi ini dapat berkarier antara lain di dunia pendidikan, penelitian, pariwisata, media massa, perusahaan-perusahaan asing, kedutaan besar, kantor perwakilan Indonesia di luar negeri, lembagalembaga pemerintah maupun non pemerintah, dan perbankan.
  • Sastra Arab, Lulusan program studi ini memiliki peluang kerja di departemen pemerintahan (Dalam Negeri, Luar Negeri, Agama, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pendidikan Nasional, Hankam), politisi, pariwisata, LIPI, penerbit buku, berbagai media massa, serta LSM.
  • Sastra Perancis, Lulusan program studi ini bekerja di sektor-sektor yang memanfaatkan tenaga keperancisan, seperti pendidikan atau lembaga-lembaga bahasa, Departemen Luar Negeri, pariwisata, media massa, kedutaan-kedutaan besar di Indonesia dan KBRI di luar negeri, dan perusahaan swasta.
  • Sastra Jepang, Lulusan program studi ini bekerja pada perusahaan, baik nasional maupun multinasional, terutama menjadi staf pada dunia pendidikan, perbankan, pariwisata, dan Departemen Luar Negeri RI.

FAKULTAS HUKUM 

  • Ilmu Hukum, Peluang karir sarjana hukum terbuka lebar, tidak hanya bidang tugas pengacara dan di institusi pengadilan, namun juga di bidang staf legal dan Human Resources Development (HRD) perusahaan.
  • Hukum Administrasi Negara, Lulusan sarjana HAN dapat bekerja diberbagai profesi seperti : birokrat di intansi pemerintah, hakim, jaksa, advokat, notaris, politisi, pejabat negara, dll.

FAKULTAS PSIKOLOGI

Psikologi, Lulusan program studi ini dibutuhkan oleh berbagai instansi atau perusahaan yang membutuhkan staf dengan teknik analisis yang kuat berkaitan dengan perubahan lingkungan yang semakin dinamis, sehingga dapat melakukan proses pengambilan keputusan dengan tepat. contoh peluang kerjanya:
  • Psikolog/konsultan di biro pelayanan jasa psikologi manajemen dan organisasi.
  • Staf dan manajer di bagian pengembangan sumber daya manusia (SDM) pada berbagai perusahaan dan organisasi.
  • Psikolog/asisten psikolog di Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Jiwa.
  • Psikolog/asisten psikolog di lembaga lembaga pendidikan.
  • Psikolog/asisten psikolog di Lembaga Psikologi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri).
  • Psikolog/asisten psikolog di Lembaga lembaga pemerintahan.
  • Tim kreatif di Biro-biro Advertising.
  • Wirausahawan pada jasa pelayanan psikologi, manajemen dan organisasi.

Sekian postingan gue yang berfaedah ini, semoga memberi informasi dan motivasi ya. hehehe.

1 comment:

  1. idola gue masuk di fakultas farmasi mbak d sifat semarang, sesuai dengan jurusan smk sy skrang soalnya bisa kuliah sambil bekerja jd gk beban orang tua sedikit. Dan lowanganya masih bnyk banget di industri farmasi kota besar.

    ReplyDelete

Makasih udah buang-buang waktu baca tulisan absurd di blog ini. Jangan lupa tinggalkan jejak ya:)